Ilustrasi apa itu web developer?

Apa itu Web Developer?  Tugas dan Skil yang Diperlukan

Apa itu web developer?  Internet merupakan jaringan untuk menghubungkan segala sesuatu lewat online.  Dengan adanya internet, seseorang bisa mengakses dan mendapatkan pengetahuan yang diperlukan tanpa batasan. Salah satu wadah yang digunakan untuk menampung dan menyalurkan informasi adalah website.

Peluang positif tersebut kemudian dilirik oleh sebagian orang untuk memahami cara membuat website dan menjadi developer handal. Untuk mengetahui secara lebih detail tentang developer dan skill yang diperlukan, simak uraian di bawah ini.

Apa itu Web Developer?  Jenis-Jenisnya

Secara definisi web developer adalah profesi yang bergerak dibidang programming yang bertugas untuk mengolah atau mengembangkan word wide web atau website.

Web developer memiliki cakupan yang sangat luas. Untuk memudahkan seseorang dalam melakukan tugasnya, kemudian pekerjaan yang global tersebut digolongkan menjadi beberapa jenis. Diantaranya, sebagai berikut:

  • Back end developer: Tugas seorang back end developer adalah memastikan server website aman. Mulai dari sisi kecepatan penggunaan hingga keamanannya.
  • Front end developer: Tanggung jawab front end developer yaitu mendesain tampilan dan fitur-fitur website agar terlihat estetik serta mudah digunakan.
  • Full stack developer: Pekerjaan yang dilakukan oleh full stack developer lebih banyak dibandingkan dari dua jenis sebelumnya. Secara definisi, tanggung jawabnya mencakup sebagai penjaga kemanan server sekaligus menata tampilan web.

Tugas Web Developer

Setelah mengetahui apa itu web developer? Informasi yang tidak kalah penting untuk diketahui sebelum berkecimpung sebagai web developer adalah memahami tugas dan tanggung jawabnya.

  1. Membangun Database

Database berfungsi sebagai tempat penyimpanan data-data yang dibutuhkan untuk membangun website. Seperti: data pesanan, data produk, foto, dan informasi produk. Agar website tidak bekerja terlalu keras, developer wajib melakukan pengelolaan supaya nyaman digunakan.

2.  Merancang Logika Website

Sebelum membuat web, hal utama yang perlu diperhatikan adalah tujuan web itu untuk apa. Website toko online tentu memiliki tampilan berbeda dengan website yang dipergunakan untuk menyajikan informasi, seperti: web info traveling, dan lain sebagainya.

3. Mendesain Tampilan

Website yang rapi serta responsif terhadap smartphone dan laptop membuat pengguna merasa nyaman saat membukanya. Untuk sebab itu, bagian desain mendesain tampilan bagian dari tugas utama yang sangat penting diperhatikan.

4. Mengetes Website

Tugas selanjutnya setelah proses pembuatan web dianggap selesai yaitu melakukan uji coba. Istilah yang sering digunakan para web developer adalah usability testing website. Hal tersebut bertujuan agar pengunjung tetap merasa aman dan nyaman ketika membuka web tersebut.

5. Memperbaiki Celah-Celah yang Membuat Keamanan Website Terancam

Sebagai web developer menjaga keaman website dari serangan hacker adalah kewajiban. Untuk sebab itu perlu kejelian dan pemeriksaan berkala agar pengunjung tetap terjaga kemanan datanya.

Skill yang Diperlukan

Terdapat beberapa skill yang harus diperhatikan agar bisa menjadi seorang web developer yang handal serta terpercaya. Berikut beberapa kemampuan yang perlu diolah dan dipersiapkan.

  • Mengetahui cara membuat tampilan web atau desain yang mobile friendly
  • Paham tentang HTML/CSS dan JavaScript
  • Menguasai bahasa pemrograman
  • Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan berbagai tools web developer
  • Paham tentang SEO

Berdasarkan informasi yang beredar di media-media online pekerjaan web developer dianalisa bakal memberikan kesejahteraan pada masa depan. Selain nominal gaji yang lumayan besar, kebutuhan web developer di hari depan meningkat sekitar 15 persen.

Apa itu web developer? Bagaimana cara kerjanya? Serta skill yang diperlukan kurang lebih gambarannya sebagaimana yang di uraikan di atas. Untuk menunjang agar pekerjaan freelance sebagai web developer lancar, perlengkapan lain yang sangat penting untuk disiapkan adalah terkait jaringan internet. Karena jika jaringan internetnya lemah atau tersendat-sendat, maka pekerjaan jadi terhambat.

Untuk mengantisipasi jaringan internet yang buruk, langkah teraman memasang wifi di rumah. Ada beragam pilihan paket wifi yang disediakan Lintas Home. Sehingga pengguna bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan serta kemampuan finansialnya.

Pos Terbaru

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari blog adalah impian banyak orang. Dengan kerja keras dan strategi yang tepat, blog dapat menjadi…

Apa itu Web Developer?  Tugas dan Skil yang Diperlukan

Apa itu Web Developer?  Tugas dan Skil yang Diperlukan

Apa itu web developer?  Internet merupakan jaringan untuk menghubungkan segala sesuatu lewat online.  Dengan adanya internet, seseorang bisa mengakses…

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Provider Internet Rumahan

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Provider Internet Rumahan

Banyaknya provider internet rumahan terkadang membuat bingung untuk menentukan pilihan. Setiap provider menawarkan berbagai kelebihan, dan menciptakan ilusi bahwa…

5 Tips Memilih Provider Wifi Rumah dan Cafe Yang Tepat

5 Tips Memilih Provider Wifi Rumah dan Cafe Yang Tepat

Saat ini internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini mendorong munculnya berbagai provider wifi…

Solusi Akses Internet untuk Cafe dan UMKM Hemat Biaya

Solusi Akses Internet untuk Cafe dan UMKM Hemat Biaya

Akses internet untuk cafe dan UMKM merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan. Saat ini, sudah banyak cafe…

Optimalkan Akses Internet Rumah dengan Lintas Home

Optimalkan Akses Internet Rumah dengan Lintas Home

Ingin mencari akses internet rumahan yang koneksinya lancar dan harganya terjangkau? WiFi digunakan di berbagai tempat, termasuk rumah, kantor,…