5 Tips Memilih Provider Wifi Rumah dan Cafe Yang Tepat

Saat ini internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini mendorong munculnya berbagai provider wifi rumah yang menawarkan berbagai keuntungan bagi penggunanya. Namun banyaknya provider internet terkadang justru membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. bagi Anda yang sedang kebingungan berikut adalah beberapa tips memilih provider wifi terbaik yang bisa dicoba.

Tips Memilih Provider Wifi Rumah dan Cafe

Wireless Fidelity atau lebih sering disebut sebagai  ‘wifi’ merupakan teknologi yang memungkinkan untuk terhubung ke internet tanpa menggunakan kabel (nirkabel). Wifi dipilih karena menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan koneksi seluler. Selain itu, wifi juga bisa digunakan oleh banyak pengguna sekaligus. Sehingga cocok digunakan di rumah, atau tempat-tempat umum seperti cafe.

Saat ini ada banyak sekali provider wifi yang beroperasi di Indonesia. Sebelum memutuskan untuk memilih provider wifi, berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

1. Tentukan Kebutuhan

Sebelum memilih provider wifi, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu seperti apa kebutuhan internet kedepannya. Tentukan akan ada berapa banyak perangkat yang terhubung ke jaringan wifi, tentukan juga wifi tersebut akan digunakan untuk apa. Hal ini bertujuan untuk membantu memilih paket dan provider wifi yang tepat, yang bisa mengakomodir semua kebutuhan.

Untuk area umum seperti cafe misalnya, kemungkinan penggunanya juga akan lebih banyak dari area pribadi seperti rumah. Maka dari itu, dibutuhkan wifi dengan bandwidth yang lebih besar. Begitupun sebaliknya.

2. Cek Ketersediaan Provider Wifi

Selanjutnya yang perlu diketahui harus mencari tau provider wifi apa saja yang tersedia di area tempat yang akan dipasang wifi. Seperti yang kita ketahui, setiap provider wifi memiliki coverage atau cakupan yang berbeda-beda. Pengecekan bisa dilakukan melalui website, atau dengan menghubungi sales dari provider terkait.

3. Bandingkan Kecepatan

Setiap provider wifi cafe dan wifi rumah menawarkan kecepatan koneksi yang berbeda. Jika di tempat pengguna terdapat lebih dari satu provider wifi, ada baiknya untuk melakukan perbandingan dari sisi kecepatannya terlebih dahulu.

4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Selain kecepatan, setiap provider juga pastinya memiliki aturan main yang berbeda. Jadi sebelum memilih penyedia wifi cafe atau wifi rumah, pastikan untuk mempelajari aturan mainnya terlebih dahulu. Terutama di bagian FUP atau Fair Usage Policy.

5. Pertimbangkan Harganya 

Tips yang tidak kalah penting adalah soal harga. Pertimbangkan semua biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang wifi di rumah atau cafe. Mulai dari biaya internet, biaya instalasi, biaya sewa alat (router/modem), dan sebagainya. Bandingkan biaya dari setiap provider wifi, dan cari tau apa saja yang mereka tawarkan dengan biaya tersebut.

Provider Wifi Rumah dan Wifi Cafe Terbaik

Bagi yang sedang mencari provider wifi rumah atau wifi cafe terbaik, bisa mencari-cari referensi paket yang sesuai kebutuhan di Lintas Home. Lintas Home merupakan provider wifi cafe dan wifi rumahan terkemuka, yang sudah dipercaya oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari seluruh Indonesia. 

Berbeda dengan provider lain, Lintas Home memberikan layanan internet yang benar-benar unlimited. Tanpa ada batasan FUP atau Kuota, tanpa ada biaya registrasi dan biaya instalasi. Selain itu, pengguna juga tidak perlu membeli atau menyewa perangkat. Karena semua perangkatnya sudah disediakan secara gratis. Pengguna tinggal menikmati saja.

Untuk kebutuhan seperti bermain game atau streaming video berkualitas HD, lintas home memiliki qos (quality of services) khusus agar pengalaman bermain game dan streaming semakin lancar. Tanpa lag atau buffering.

Dengan harga mulai Rp. 177-ribuan saja per bulan, sudah bisa mendapatkan wifi rumah dengan internet unlimited berkecepatan tinggi. Tanpa kuota, tanpa batasan. Bisa dipakai sepuasnya.

Pos Terbaru

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari blog adalah impian banyak orang. Dengan kerja keras dan strategi yang tepat, blog dapat menjadi…

Apa itu Web Developer?  Tugas dan Skil yang Diperlukan

Apa itu Web Developer?  Tugas dan Skil yang Diperlukan

Apa itu web developer?  Internet merupakan jaringan untuk menghubungkan segala sesuatu lewat online.  Dengan adanya internet, seseorang bisa mengakses…

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Provider Internet Rumahan

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Provider Internet Rumahan

Banyaknya provider internet rumahan terkadang membuat bingung untuk menentukan pilihan. Setiap provider menawarkan berbagai kelebihan, dan menciptakan ilusi bahwa…

5 Tips Memilih Provider Wifi Rumah dan Cafe Yang Tepat

5 Tips Memilih Provider Wifi Rumah dan Cafe Yang Tepat

Saat ini internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini mendorong munculnya berbagai provider wifi…

Solusi Akses Internet untuk Cafe dan UMKM Hemat Biaya

Solusi Akses Internet untuk Cafe dan UMKM Hemat Biaya

Akses internet untuk cafe dan UMKM merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan. Saat ini, sudah banyak cafe…

Optimalkan Akses Internet Rumah dengan Lintas Home

Optimalkan Akses Internet Rumah dengan Lintas Home

Ingin mencari akses internet rumahan yang koneksinya lancar dan harganya terjangkau? WiFi digunakan di berbagai tempat, termasuk rumah, kantor,…